Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) melakukan kerjasama dengan style="background:white">Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology " property="og:description"/>

8 Mahasiswa FPIK USNI Lolos Seleksi PKL ke Jepang

Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) melakukan kerjasama dengan Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO Biotrop) untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ke Jepang. Mahasiswa/i FPIK USNI akan diberangkatkan ke Jepang selama 7 bulan dalam kegiatan budidaya perikanan laut. Program ini terbuka untuk semua mahasiswa/i FPIK USNI aktif yang sudah semester 3. SEAMEO Biotrop juga melakukan kerjasama dengan PT Kibo Trading dalam mempersiapkan semua dokumen dan kualitas mahasiswa/i FPIK USNI. Tujuan dari Program PKL ke Jepang ini antara lain:

  • Meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang perikanan dan kelautan
  • Memberikan kesempatan pengalaman nyata bekerja di bidang perikanan dan kelautan

Benefit yang didapatkan oleh mahasiswa FPIK USNI sangat menarik, antara lain:

  1. Bernilai SKS 1-3
  2. Selama PKL di Jepang mendapatkan uang saku bulanan.
  3. Asuransi kesehatan selama PKL di Jepang
  4. Libur di hari Sabtu dan Minggu serta ada libur nasional
  5. Sistem kerja mengikuti ketentuan ketenagakerjaan Pemerintah Jepang. 
  6. Mendapatkan surat keterangan dan penilaian dari user, serta sertifikat (dari BIOTROP)
  7. Tiket Pesawat Jakarta – Jepang PP (Transportasi peserta ke bandara dibayar mandiri)
  8. Biaya pembuatan VISA Internship Jepang
  9. Akomodasi selama PKL di Jepang
  10. Mendapatkan tunjangan makan, air, listrik, komunikasi selama PKL di Jepang

 

Program PKL ke Jepang ini diikuti oleh 22 mahasiswa/i yang lulus administrasi. Kemudian dilakukan seleksi interviu terhadap mahasiswa/i yang lulus administasi pada Kamis, 31 Oktober 2019 di Ruang Rapat 401 USNI, dengan menggunakan Video Conference (interviu jarak jauh). Proses seleksi interviu ini dilakukan oleh PT Kibo Trading (SEAMEO Biotrop) dan pihak perusahaan tempat PKL di Jepang. Setelah dilakukan seleksi wawancara, kemudian ditetapkan delapan (8) orang mahasiswa FPIK USNI yang diterima PKL ke Jepang. Nama mahasiswa yang diterima PKL ke Jepang, yaitu:

  1. Wandi Sinompo
  2. Galih Adi Nugroho
  3. Fidelis Hia
  4. Kornelius Fernando
  5. Mohammad Aci
  6. Musmaihadi
  7. Ibnu Rafi Fauzan
  8. Fiqih Nur Cholis

Mahasiswa yang diterima PKL ke Jepang akan melakukan kursus Bahasa Jepang selama 4 bulan (500 jam ). Kursus bahasa ini rencananya akan diadakan di Kampus USNI. Selain mahasiswa FPIK USNI, kursus bahasa Jepang juga diikuti dari universitas lain yang sama-sama mendapat program PKL ke Jepang walaupun berbeda jenis bidang keilmuan.

 

Selamat kepada mahasiswa FPIK USNI yang diterima PKL ke Jepang, semoga ilmu yang didapat di Jepang nanti dapat berguna bagi diri sendiri, masyarakat umum, dan tentunya negara Indonesia tercinta.

 

Jurnal Terbaru

Gallery Photo