Ci Liwung, atau biasa ditulis Ciliwung adalah salah satu sungai terpenting di Tatar Pasundan, Pulau Jawa - Indonesia terutama karena melalui wilayah " property="og:description"/>

Ekspedisi Kali Ciliwung FPIK 2020

Ci Liwung, atau biasa ditulis Ciliwung adalah salah satu sungai terpenting di Tatar Pasundan, Pulau Jawa - Indonesia terutama karena melalui wilayah ibu kota, DKI Jakarta, dan kerap menimbulkan banjir tahunan di wilayah hilirnya. Panjang aliran utama sungai ini adalah hampir 120 km dengan daerah tangkapan airnya (daerah aliran sungai) seluas 387 km persegi. Sungai ini relatif lebar dan di bagian hilirnya dulu dapat dilayari oleh perahu kecil pengangkut barang dagangan. Wilayah yang dilintasi Ci Liwung adalah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Jakarta.


Mahasiswa/Mahasiswi Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) mengadakan Ekspedisi Ciliwung Depok (KCD) melakukan restocking ikan di bantaran Sungai Ciliwung guna menjaga stok ikan yang ada di Sungai Ciliwung tersebut, Pada Hari Minggu 02 Feburari 2020.


Pada dasarnya Sungai Ciliwung terlanjur identik dengan sampah dan penyusutan aliran sungai. Kedua hal tersebut tidak hanya terjadi di satu dua titik saja, namun telah merata dari hulu hingga hilir sungai yang berujung pada banjir di Ibu Kota Jakarta.


Berawal dari kondisi itulah, Taufik DS bersama beberapa orang mendirikan Komunitas Ciliwung Depok (KCD). Menurut Sang Pendiri, komunitas ini berdiri dengan semangat untuk memperbaiki Sungai Ciliwung yang ada di area tengah atau daerah aliran sungai (DAS) yang mengaliri Kota Depok.


Namun, karena kondisi cuaca, bersih-bersih Sungai Ciliwung dibatalkan demi menjaga keamanan dan keselamatan peserta Ekspedisi Ciliwung.


Dengan diadakannya acara ini diharapkan para masyarakat maupun mahasiswa/mahasiswi USNI dapat menjaga serta melestarikan Alam serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Jurnal Terbaru

Gallery Photo