Saat ini, seluruh dunia diuji dengan adanya pandemi COVID-19. Virus COVID-19 telah menyebar hampir seluruh negara dan sampai saat ini belum ditemukan " property="og:description"/>

Makan Ikan, Corona Bye Bye

Saat ini, seluruh dunia diuji dengan adanya pandemi COVID-19. Virus COVID-19 telah menyebar hampir seluruh negara dan sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat mencegah penyebaran virus ini. WHO dan pemerintah Indonesia terus berusaha menekan penyebaran virus dan terus melakukan pengujian vaksin. Penyebaran virus COVID-19 telah mempengaruhi semua sendi kehidupan manusia, baik dari segi kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya. Saat tulisan ini dibuat, Indonesia telah terkonfirmasi 25.773 orang positif, yang sembuh sekitar 7.015 orang dan meninggal 1.573 orang. Menurut ahli kesehatan, virus COVID-19 dapat ditekan penyebaran dengan cara hidup sehat, seperti rajin mencuci tangan, jaga jarak dengan orang lain dan kurangi interaksi langsung dengan kegiatan massal. Pengujian sains yang telah dilakukan, manusia yang memiliki daya tahan tubuh yang baik, walaupun sudah terkonfirmasi positif COVID-19 masih tetap bisa sembuh. Daya tahan tubuh tentunya hanya diperoleh jika kita berprilaku hidup sehat; makan makanan sehat dan seimbang, lingkungan yang bersih dan pola interaksi sosial yang menjaga jarak. 

Daya tahan tubuh dapat diperoleh dari makanan yang sehat yang mengandung banyak gizi, protein dan vitamin. Sumber daya ikan yang tersedia di Perairan Indonesia cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga dengan mengkonsumsi ikan (tawar dan laut) tentunya pasti meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi dalam ikan cukup banyak antara lain Asam lemak Omega-3; Vitamin A, D, B6 dan B2 (riboflavin); Kalsium; Fosfor; Mineral (zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium). Kandungan nutrisi ikan tersebut sudah pasti meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat melawan virus COVID-19.

Oleh sebab itu, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan USNI bersama Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2PTKI) sama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa dengan mengkonsumsi ikan dapat menekan kematian akibat infeksi virus COVID-19 dan tentunya meningkatkan persentase kesembuhan. Kerja sama semua pihak, baik akademisi, swasta, pemerintah dan masyarakat jika dilakukan dengan baik akan dapat menekan penyebaran virus COVID-19. Semoga pandemi virus COVID-19 dapat kita lalui bersama-sama.

Akhir kata, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan USNI mengharapkan kita perbanyak konsumsi ikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.


AYO MAKAN IKAN............



Jurnal Terbaru

Gallery Photo